02 Desember 2008

Apa & Siapa Purnama Suwardi



Purnama Suwardi lahir di Selayo, Solok, Sumatra Barat, pada tanggal 8 November 1961. Pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi ditamatkannya di Jakarta. Ia mulai bekerja di lingkungan Subdit Pemberitaan TVRI Jakarta sejak tahun 1987 sebagai reporter dan redaktur.

Pada bulan April 1991, ia melakukan wawancara eksklusif dengan Wakil Ketua MPR/DPR RI Saiful Sulun mengenai dominasi berlebihan pemerintah dalam beragam aspek kehidupan ketatanegaraan. Wawancara tersebut menjadi bahan wacana pada berbagai media massa selama lebih dari dua minggu. Pada tahun 1992, Purnama Suwardi mengikuti pertemuan para produser acara televisi Asia-Pasifik, ABU, di Kuala Lumpur, Malaysia. Masih pada tahun yang sama, featurenya: Laila, I Can’t Stop Loving You, dinilai very interesting dan exellent oleh Executive Producer 1992 ABU Co-production.

Feature dokumenter mengenai kehidupan lansia di Indonesia itu disulih-suarakan ke dalam enam bahasa dan disiarkan pada 22 negara di Asia Pasifik. Ia pernah menjadi anggota tim ad-hoc Media Center Departemen Penerangan RI, keanggotaan tersebut membuatnya diserahi tugas untuk melakukan berbagai wawancara menyangkut politik dan demokrasi sepanjang tahun 1998 saat mana reformasi bergulir kencang.

Pada tahun 2000, bukunya berjudul Sejarah Indonesia Modern Dalam Dialog diterbitkan. Buku tersebut merupakan transkripsi wawancaranya dengan sejumlah tokoh yang terlibat dalam pasang-surut sejarah Indonesia. Tahun 2003 bukunya berjudul Koloni Pengucilan Boven Digoel diterbitkan. Buku tersebut tidak saja mengupas makna pemenjaraan dan pengucilan dalam peta perjuangan kemerdekaan, akan tetapi juga bercerita mengenai Digoel sebagai kamp konsentrasi pertama di dunia. Tahun 2006 bukunya berjudul Seputar Bisnis dan Produksi Siaran Televisi diterbitkan. Buku yang ditulisnya itu merupakan sari-pati refleksi empiris dan teoritis dibidang pertelevisian, khususnya menyangkut kegiatan bisnis dan produksi siaran yang digelutinya sejak tahun 1987.

Adapun buku Catatan dari Ruang Lobi ini merupakan untold stories yang dicatatnya dari banyak tokoh yang dikenal dan acapkali diwawancarainya. Kisah-kisah yang diceritakan dalam buku ini begitu beragam, mulai dari persoalan politik, sosial budaya, keagamaan, HAM, pendidikan, dan humor

Purnama Suwardi memperoleh pendidikan dibidang produksi dan manajemen siaran televisi, antara lain dari AIBD, CNN, ABC Australia, dan Balai Diklat TVRI. Ia juga pernah mengajar di Balai Diklat TVRI dan beberapa Lembaga Pendidikan Pertelevisian untuk mata kuliah Teknik Reportase, Dasar-dasar Jurnalistik, dan Teknik Wawancara.

Banyak mata acara TVRI pernah diproduksinya, seperti Dian Rana, Spektrum, Gelar Wicara, Pilar Otonomi, Dialog Khusus, dan Siaran-siaran Langsung Kegiatan Kenegaraan. Mata acara Pilar Otonomi yang diproduksinya sepanjang tahun 1998 pernah disiarkan secara tetap oleh jaringan televisi publik Australia, SBS.

Purnama Suwardi pernah diserahi tugas sebagai Manajer Promosi dan Penjualan pada Unit Kerja Pemasaran Kantor Pusat Perjan TVRI (2001 s/d Sept 2003). Selain itu ia juga pernah menjadi Sekretaris pada Presidium Federasi Serikat Pekerja TVRI. Sejak bulan September 2003 ia ditunjuk menjadi Kepala TVRI Stasiun Sumatra Barat. Disela-sela kesibukannya, ia juga mengajar matakuliah Tourism Business Communication di Fakultas Adab dan Jurnalistik Televisi di Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang.
Saat ini Ia sedang aktif menjalakan tugas sebagai GM Berita TVRI Nasional di Jakarta.